cover
Contact Name
Marisa Dewi Ariesta
Contact Email
jurnal.karya_masyarakat@starki.id
Phone
+6288291781983
Journal Mail Official
marissa_dewi@starki.id
Editorial Address
Kompleks Billy & Moon, RT. 1/ RW.6, Pondok Kelapa, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)
ISSN : -     EISSN : 27209423     DOI : -
Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM) terkait dengan pengabdian masyarakat di Indonesia. Ruang lingkup untuk jurnal ini terkait: 1. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat; 2. Sosial; 3. CSR. Jurnal Karya untuk Masyarakat dalam satu tahun terbit dua kali periode yaitu Januari dan Juli.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat" : 10 Documents clear
Pelatihan Membuat Business Plan Bagi Pemuda Karang Taruna RW 01 Pinangsia Taman Sari Jakarta Bryan Givan; Hieronimus Erwin Indrawan; Ade Onny Siagian
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.506 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.396

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang e-commerce kepada pemuda Karang Taruna Pinangsia di Jakarta Barat, memberikan pengetahuan tentang model bisnis terkini yang sedang ramai digunakan oleh pelaku usaha dan memberikan bekal untuk membuat business plan guna menciptakan kegiatan usaha yang terukur, terarah dan sistematis di Karang Taruna Pinansia Jakarta Barat. Sasaran kegiatan ini adalah pemuda Karang Taruna Pinansia Jakarta Barat. Permasalahan diselesaikan dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai perkembangan usaha di Karang Taruna. Pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi dilanjutkan diskusi sesi tanya jawab sebagai bentuk kegiatan workshop pembuatan business plan. Kegiatan tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting dikarenakan adanya pandemik corona. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukan tingkat keberhasilan dengan indikasi adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan pemuda Karang Taruna, adanya tanggapan positif dari pesera dan sebagian besar (80%) peserta telah memahami konsep e-commerce dan mampu membuat 8 business plan yang dapat diimplementasikan menjadi kegiatan usaha di Karang Taruna Pinangsia Jakarta Barat.
Pelatihan Etiket dan Penampilan Profesional Demi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Staf Kelurahan Pondok Kelapa Rs. Kurni Setyawati; Maria Francisca Lies Ambarwati
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.448 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.397

Abstract

Melayani masyarakat membutuhkan keterampilan dalam berkomunikasi dan etiket yang memadai. Guna meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kelurahan Pondok Kelapa, para Kader PKK mendapatkan pelatihan Etiket dan Public Speaking. Peserta pelatihan berjumlah 29 Ibu Kader PKK. Kegiatan pelatihan ini dilakukan selama satu hari bertempat di kampus STIKS Tarakanita yang masih berada di wilayah Kelurahan Pondok Kelapa. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan para Ibu Kader PKK dalam berkomunikasi secara efektif dan memiliki sikap yang baik dalam menyampaikan pesan. Materi yang disampaikan adalah bagaimana berkomunikasi dan berpenampilan serta bersikap yang santun. Teknik penyajian yang digunakan adalah pemberian materi berupa ceramah dan diskusi disertai dengan simulasi atau memeragakan secara langsung materi yang telah dipaparkan. Peserta juga diberi kesempatan praktek dengan menggunakan kasus dalam kegiatan PKK, baik di kelurahan, RW maupun RT. Hasil pelatihan secara keseluruhan menunjukkan bahwa peserta memahami etiket dan cara berkomunikasi yang baik, namun masih mengalami beberapa kendala dalam mempraktekkannya antara lain gugup dan kurang percaya diri. Kegiatan pelatihan Etiket dan Public Speaking menumbuhkan semangat baru bagi peserta pelatihanuntuk memberi pelayanan yang lebih baik.
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan pada Yayasan Tunas Mulia di TPA Bantar Gebang Bekasi Kristiana Widiawati; Selfiana Selfiana
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.432 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.401

Abstract

Pemberdayaan masyarakat di YTM adalah wujud pengabdian kepada masyarakat dalam membantu memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi sekolah alam yang di kelola oleh YTM. Kegiatan pemberdayaan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat di YTM agar dalam pengelolaan perpustakaan sekolah alam menjadi optimal dan lebih baik. Perpustakaan sebagai jendela ilmu dan pengetahun harus dikelola secara profesional. Metode untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat diawali dengan observasi, selanjutnya melakukan perencanaan atau penjadwalan serta implementasi pelaksanaan kegiatan melalui pelatihan dan pendampingan pengelolaan perpustakaan. Pelatihan yang diberikan memberikan dampak yang positif bagi peserta pelatihan dan pengelola YTM. Mitra atau peserta pelatihan mendapatkan ilmu, pengetahuan atau wawasan serta keterampilan pengelolaan perpustakaan. Pelatihan diikuti oleh masyarakat yang berada di lingkungan YTM. Peserta pelatihan mengikuti serangkaian kegiatan dengan penuh antusias dan semangat yang luar biasa.
Effective Public Speaking Penggerak PKK Kelurahan Pondok Kelapa Jakarta Timur Cresensiana Widi Astuti; F. A. Wisnu Wirawan; Yulita Daru Priliantari
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.23 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.399

Abstract

Kemampuan untuk menyampaikan informasi, memotivasi dan bahkan mempersuasi orang lain merupakan nilai tambah bagi seorang pembicara. Berdiri di garda depan sebagai pembicara membutuhkan kemampuan berbicara yang efektif dan efisien agar pesan yang disampaikan dapat diterima baik dan dilaksanakan. Untuk itu, kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) ini perlu diasah dan dikembangkan. Karena hal inilah maka Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi & Sekretari Tarakanita (STARKI) Jakarta mengadakan kegiatan Pelatihan Effective Public Speaking bagi Ibu-ibu Penggerak PKK Kelurahan Pondok Kelapa. Pelatihan ini tidak berfokus pada penyampaian materi saja namun lebih kepada praktik berbicara di depan umum secara efektif, sesuai dengan bidang penggerak peserta. Antusiasme dan kesediaan untuk belajar para ibu ini sangat tinggi dan patut dihargai.
Pelatihan Teknologi Pembuatan Lem Poli Vinil Asetat (PVAc) pada Produsen Album Elvira Sari Purnavita; Sri Sutanti
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.848 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.389

Abstract

Di Era digital seperti ini, industri album photo masih potensial untuk digemari oleh masyarakat sebagai konsumen. Salah satu, produsen yang menggeluti dalam bidang album foto hingga saat ini yaitu “ALBUM ELVIRA”. Perusahaan ini memiliki kendala dalam harga produksi karena selama ini pembelian lem yang relatif mahal menambah cost produksi. Oleh karena itu, produsen album Elvira berkeinginan untuk mampu memproduksi lem sendiri, sehingga mampu menekan cost biaya produksi dan harga jual album dapat bersaing di pasaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diberikan workshop dan pelatihan pembuatan polimer Poli Vinil Asetat (PVAc) yang dapat diaplikasikan sebagai lem pada kertas. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu pemberian materi dan workshop mengenai polimer Poli Vinil Asetat (PVAc). Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini mitra Album Elvira bersikap kooperatif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pemberian materi dan diskusi. Dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat diambil kesimpulan (1) Mitra telah mengetahui monomer penyusun, formulasi, dan prosedur pembuatan polimer PVAc. (2) Mitra dapat membuat polimer PVAc untuk selanjutnya diaplikasikan menjadi lem kertas untuk menjawab kendala yang selama ini dihadapi oleh mitra. (3) Pada pelatihan dihasilkan emulsi polimer PVAc yang cukup stabil, larut air, dengan PH 6 dan memiliki ukuran partikel kurang dari satu micron, serta masa simpan pada suhu kamar selama sebulan.
Membangun Kemampuan Komunikasi Generasi Muda: Pendidikan Informal di Kampus Diakoneia Modern (KDM) Tania Lasmaya Putritami; Risa Bhinekawati
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.104 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.403

Abstract

Komunikasi yang efektif dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri. Kepercayaan diri adalah produk dari proses peralihan aspek internal yaitu self-worth. Berdasarkan pemahaman ini, dibuatlah suatu proyek yang berfokus pada menyediakan materi untuk para peserta proyek mengenai cara untuk mengelola dan meningkatkan nilai diri dengan kemampuan komunikasi yang efektif. Kemampuan ini diharapkan dapat digunakan oleh para peserta dari proyek untuk menghadapi tantangan dalam kehidupannya masing-masing. Untuk mewujudkan proyek tersebut, representatif dari Sekolah Tinggi Manajemen IPMI melakukan kemitraan dengan Kampus Diakoneia Modern (KDM). KDM bertidak sebagai klien dan penyedia tempat pelaksanaan proyek, sementara pihak IPMI berperan sebagai tenaga sukarela dan pelaksana proyek. Para peserta dari proyek merupakan beberapa anak dalam asuhan KDM. Berdasarkan beberapa diskusi di awal pertemuan antara pihak KDM dan IPMI, ditemukan beberapa kendala mengenai self-esteem dan kepercayaan diri pada anak-anak asuhan KDM. Maka dari itu, materi yang dipersiapkan untuk proyek ini dirasa sangat cocok dengan kendala maupun kebutuhan KDM saat itu, sehingga kedua pihak pun setuju untuk bekerja sama. Proyek ini dibuat dalam bentuk kelas komunikasi efektif yang berlangsung selama delapan minggu, dimana terdapat satu pertemuan di setiap minggunya. Selama pelaksanaan proyek, dilakukan pula pengumpulan data. Data yang dikumpulkan dapat menunjukkan gambaran proses dan hasil dari proyek ini. Proses pengumpulan data utama diperoleh melalui observasi dan diskusi, setiap kemajuan yang teridentifikasi atau saran-saran yang diberikan oleh peserta proyek selalu didokumentasikan dalam catatan mengajar. Setelah pelaksanaannya, terdapat beberapa temuan seperti para peserta proyek memiliki self-worth yang baik. Hal ini terefleksikan dari rasa optimis mereka terhadap angan dan cita-cita yang sangat tinggi. Hasil ini dipercayai oleh pelaksana proyek sebagai pengaruh dari kepedulian dan dukungan yang KDM diberikan kepada anak-anak asuhannya. Tujuan proyek untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dari anak-anak yang pada akhirnya mempengaruhi kepercayaan diri mereka pun tercapai, peserta proyek dapat mengakui kemajuan diri mereka seiring proyek dilaksanakan.
Pelatihan Daring Optimalisasi Pemanfaatan E-Learning dalam Mendukung Pembuatan Soal Ujian Daring bagi Dosen Petrus Dwi Ananto Pamungkas; Hydriana Ananta Win; Cresensiana Widi Astuti; Evvy Silalahi; Rosalia Kurni Setyawati
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.867 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.393

Abstract

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita (STARKI) menerapkan kuliah daring selama pandemi (penyebaran) Covid-19 ini, mulai dari proses pembelajaran hingga pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Genap 2019/2020. Untuk pembuatan soal ujian dapat menggunakan aplikasi e-learning STARKI sehingga pelaksanaan UAS daring dapat berjalan lancar sesuai harapan. Tetapi tidak semua dosen memahami penggunaan dan manfaatnya. Padahal dalam e-learning STARKI sudah lengkap beberapa tipe soal ujian yang dapat dibuat, mulai dari soal pilihan ganda hingga soal esai. Untuk itu dilakukan pelatihan daring dengan metode eksperimen dimana para peserta langsung melakukan latihan pembuatan soal ujian menggunakan akun e-learning yang sudah dibuatkan sebelumnya. Media komunikasi yang digunakan adalah aplikasi Zoom Meeting. Dari hasil evaluasi formulir pre-test dan post-test yang sudah diisikan oleh para peserta, dapat diketahui adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam memanfaatkan e-learning STARKI. Demi memaksimalkan pemahaman dan keterampilan pemanfaatan e-learning STARKI maka dapat dilakukan dengan peserta dibuat berdasarkan rumpun bidang matakuliah yang diampunya.
Sampul Depan, Dewan Redaksi, Daftar Isi JKuM Juli 2020 Tim Editorial
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.91 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.409

Abstract

Sampul Depan, Dewan Redaksi, Daftar Isi JKuM Vol. 1 No. 2 - Juli 2020
Pelatihan Microsoft PowerPoint Tingkat Dasar untuk Guru-Guru SD Taruna Bakti Bandung Yulia Ery Kurniawati; Harya Bima Dirgantara; Yulius Denny Prabowo; Ester Lumba
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (932.928 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.395

Abstract

Kegiatan belajar mengajar selalu menjadi bagian dari pekerjaan seorang guru, media presentasi sebagai bahan ajar saat ini tidak hanya mengandalkan spidol dan kapur serta penjelasan dengan media suara langsung dari seorang guru. Pelatihan penggunaan Software Aplikasi Microsoft PowerPoint untuk menunjang pekerjaan para guru di sekolah sangat diperlukan, walaupun penggunaan spidol sebagai alat bantu masih diperlukan namun saat ini spidol atau alat tulis lain bukanlah satu-satunya perangkat yang diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Kompetensi penggunaan software aplikasi untuk presentasi seperti Microsoft PowerPoint sangat diperlukan untuk menunjang pekerjaan guru di sekolah. Tujuan dari PkM ini adalah memberikan kemampuan kepada para guru untuk menyiapkan materi mengajar dalam bentuk multimedia menggunakan Microsoft PowerPoint sehingga meningkatkan kompetensi para guru dalam bidang presentasi dan penyampaian bahan ajar kepada para muridnya, selain itu kemampuan penggunaan Software Aplikasi PowerPoint ini juga bermanfaat untuk hal-hal diluar pengajaran, misalnya pada saat rapat di sekolah, pertemuan guru dan murid, presentasi kepada orang tua calon siswa dan mungkin dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Kendala yang dihadapi adalah perangkat dalam pelatihan yaitu laptop peserta yang beragam dengan spesifikasi bervariasi sehingga tidak memiliki aplikasi dengan versi Microsoft Power Point yang sama. Kendala kedua adalah kemampuan dasar para peserta juga bervariasi sehingga kecepatan belajar tidak sama, sehingga perlu pendampingan khusus bagi peserta beberapa pelatihan yang kurang memiliki kemampuan dasar. Hasil dari pelatihan ini adalah para guru mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan baru penggunaan Microsoft PowerPoint untuk membangun materi ajar multimedia.
Peningkatan Laporan Keuangan Sentra Tas Branded Quality (SKI Tajur Bogor) Ignatius Septo Pramesworo; Tiolina Evi
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.472 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.394

Abstract

Bogor khususnya daerah Tajur terkenal dengan industri tas dan telah menjadi ajang bisnis tas yang kompetitif. Persaingan ketat telah terjadi di antara pengusaha tas. Salah satunya adalah Sumber Karya Indah (SKI) atau yang dikenal dengan Sentra Tas Tajur. Sentra Tas Tajur mempunyai pabrik sendiri dalam memproduksi tas. Seiring waktu Sentra Tas Tajur memperlebar usahanya tidak hanya tas seperti sandal, ikat pinggang, dan baju. Penjualan dan perputaran uang di SKI sudah besar namun setelah ditelusuri SKI Bogor ini belum mempunyai laporan keuangan yang baik dan benar sesuai dengan Standar Akuntansi yaitu PSAK yang harus diterapkan di Indonesia. Berdasarkan hasil kunjungan pengabdian ini, penyuluhan secara sederhana tentang pembuatan laporan keuangan telah diberikan. Hal ini bertujuan agar bagian keuangan Sentra Tas Tajur dapat menyesuaikan laporan keuangannya dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU). Hal ini dikarenakan Sentra Tas Tajur Bogor sudah berbentuk Perseroan Terbatas (PT) walaupun belum go public.

Page 1 of 1 | Total Record : 10